Gerindra Gugat Hasil Pileg di DKI III, Minta MK 'Loloskan' Ponakan Prabowo - TOP NEWS JOGJA

Breaking

logo

Gerindra Gugat Hasil Pileg di DKI III, Minta MK 'Loloskan' Ponakan Prabowo

Gerindra Gugat Hasil Pileg di DKI III, Minta MK 'Loloskan' Ponakan Prabowo
loading...

 

Jakarta - Partai Gerindra juga melayangkan gugatan atas sengketa hasil Pileg 2019 di Dapil DKI Jakarta. Dalam gugatannya, Gerindra menyebut kehilangan suara sebesar 9.556 suara di Dapil DKI Jakarta III. Salah satu suara yang hilang adalah milik keponakan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo atau Sara. Gerindra mengklaim Sara kehilangan sebesar 4.158 suara. Dalam gugatan yang telah mengalami perbaikan sebanyak dua kali ini, Sara diklaim memperoleh 83.959 suara. Namun dalam penetapan KPU, Sara hanya memperoleh 79.801 suara.
"Bahwa hilangnya perolehan suara atas nama R Saraswati D Djojohadikusumo didasari atas terdapat perbedaan suara yang signifikan dengan Caleg DPRD Dapil Koja, Cilincing, dan Kelapa Gading atas nama Andhika yang merupakan tandemnya, di mana perolehan suara Caleg DPRD atas nama Andhika 20.242 sedangkan perolehan suara R Saraswati D Djojohadikusumo sebanyak 16.084," demikian bunyi salah satu poin dalam pokok permohonan Gerindra seperti dilihat detikcom, Rabu (3/7/2019).
Gerindra berargumen, dengan perolehan suara tersebut Sara berhak melenggang ke Senayan. Sebab, dengan bertambahnya suara Gerindra dari yang semula 343.129 menjadi 352.682, partai pimpinan Prabowo itu mengklaim berhak mendapatkan tambahan kursi. "Bahwa mengenai selisih suara di atas, pemohon mendalilkan telah kehilangan suara di Dapil DKI 3 sebanyak 9.556 suara, sehingga semestinya pemohon mendapatkan 2 (dua) kursi DPR RI bukan mendapatkan 1 (satu) kursi," tulis Gerindra.
"Bahwa seharusnya kursi pertama dari pemohon didapatkan atas nama R Saraswati D Djojohadikusumo dengan perolehan suara 84.612, kemudian diikuti oleh H Kamarussamad, ST., M.Si dengan perolehan suara 83.562," lanjutnya. Dalam petitumnya, Gerindra meminta MK untuk mengabulkan seluruh permohonannya. Selain itu, Gerindra juga meminta agar MK menetapkan perolehan suara Gerindra menjadi 352.682 dan Sara menjadi 83.959 suara. "Mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya," demikian bunyi petitumnya. Simak Juga 'Merasa Dijebak, Deklarasi Sikap Relawan 02 Atas Putusan MK Berakhir Ricuh':


Gerindra Gugat Hasil Pileg di DKI III, Minta MK 'Loloskan' Ponakan Prabowo
(mae/tor)

loading...
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact
loading...