Terekam Kamera CCTV, Begini Kronologi 'Pelesiran' Idrus di RS MMC - TOP NEWS JOGJA

Breaking

logo

Terekam Kamera CCTV, Begini Kronologi 'Pelesiran' Idrus di RS MMC

Terekam Kamera CCTV, Begini Kronologi 'Pelesiran' Idrus di RS MMC
loading...

Jakarta - Ombudsman menyimpulkan adanya maladministrasi dalam pengawalan Idrus Marham ketika berobat ke RS MMC, Jakarta. Keberadaan Idrus Marham di RS MMC itu terekam kamera CCTV, di mana dia tidak menggunakan borgol dan pakaian tahanan. Peristiwa itu terjadi pada Jumat, 21 Juni 2019. Idrus juga sempat menggunakan handphone serta bertemu dengan keluarga dan pengacaranya saat berada di RS MMC. Hal itu terungkap berdasarkan CCTV yang diputar Ombudsman.
Terekam Kamera CCTV, Begini Kronologi 'Plesiran' Idrus di RS MMCIdrus Marham terekam kamera CCTV di RS MMC (Yulida/detikcom)
Berikut ini kronologinya.
Pukul 11.12-11.35 WIB Idrus turun dari mobil KPK di basement RS MMC tanpa menggunakan pakaian/rompi tahanan dan borgol. Idrus didampingi satu pengawal tahanan KPK dan langsung disambut seorang pria berkacamata yang diduga penasihat hukum atau ajudan atau kerabatnya. Pukul 11.38 WIB Idrus memasuki ruang poli gigi Pukul 12.06 WIB Idrus keluar dari ruang poli gigi Pukul 12.08 WIB Idrus keluar menggunakan lift dan terpantau berjalan ke arah coffee shop bersama pengawal dan beberapa orang diduga pengacara atau ajudan atau kerabat. Pukul 12.09-12.22 WIB Idrus berjalan menuju H Tower bersama pengawal dan beberapa orang diduga penasihat hukum atau ajudannya menuju tempat salat Jumat. Pukul 12.34-12.38 WIB Idrus selesai salat Jumat. Selanjutnya Idrus kembali menuju RS MMC bersama pengawal dan pengacara atau ajudannya. Pukul 12.39 Idrus memasuki coffee shop bersama pengawal dan pria yang diduga pengacara atau ajudannya. Selama di coffee shop, Idrus didampingi keluarga dan beberapa orang diduga pengacaranya. Pukul 14.00 Pengawal keluar dari coffee shop dan berbincang dengan pria berbaju kotak-kotak kurang-lebih 13 menit. Setelah berbincang dengan pengawal, pria tersebut masuk ke coffee shop dan menghampiri Idrus. Pukul 14.26 WIB Pengawal tahanan meninggalkan pengawasan terhadap Idrus dalam jangka waktu kurang-lebih 5 menit. Pukul 14.30 WIB Pengawal selanjutnya ke coffee shop membawa kopi. Pukul 15.28 WIB Pengawal juga sempat keluar dari coffee shop untuk mengisi daya (charging) HP. Pukul 15.38 WIB Idrus mengantar 3 orang keluar dari coffee shop dan selanjutnya kembali ke coffee shop. Pukul 15.38 WIB Idrus meninggalkan coffee shop, keluarga, pengawal tahanan, dan bersama pria berkacamata pergi ke toilet. Pukul 15.42 WIB Idrus menemani istri dan keluarganya untuk menunggu mobil jemputan istri Idrus. Setelah itu, Idrus bersama pengawal tahanan dan beberapa orang diduga pengacara jalan menuju mobil tahanan. Pukul 15.47 WIB Idrus sempat berdiskusi lebih dulu dengan beberapa orang yang diduga penasihat hukum atau ajudan. Setelah itu, Idrus memasuki mobil tahanan KPK.
Temuan maladministrasi ini belum disampaikan berupa Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP). LAHP tersebut akan disampaikan setelah Ombudsman memanggil pimpinan KPK untuk menyampaikan adanya temuan serius yang belum dapat disampaikan saat ini. Ombudsman akan memanggil pimpinan KPK pada Selasa pekan depan. Hal itu terkait temuan SOP dan pengawalan tahanan yang dapat ditindaklanjuti oleh pimpinan KPK. "Ada perkembangan temuan yang sangat serius dari Ombudsman yang hanya bisa kita sampaikan dan termuat dalam LAHP. Nanti kami sampaikan kepada pimpinan KPK secara langsung, tidak mungkin disampaikan kepada level di bawahnya karena sesuai dengan ketentuan di kita apakah apabila temuan-temuan tersebut cukup sensitif dan perlu tindakan high level," kata anggota Ombudsman RI Alamsyah Saragih, di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (3/7). Simak Juga 'KPK Tepis Isu Idrus Marham Pelesiran':


Terekam Kamera CCTV, Begini Kronologi 'Pelesiran' Idrus di RS MMC
(yld/nvl)

loading...
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact
loading...