Yenny Wahid: Pemerintahan Sehat Butuh Oposisi Kritis-Konstruktif - TOP NEWS JOGJA

Breaking

logo

Yenny Wahid: Pemerintahan Sehat Butuh Oposisi Kritis-Konstruktif

Yenny Wahid: Pemerintahan Sehat Butuh Oposisi Kritis-Konstruktif
loading...

 


Jakarta - Yenny Wahid mengatakan pihak oposisi dibutuhkan dalam pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Anak presiden ke-4 RI Abdurahman Wahid (Gus Dur) itu berpendapat oposisi penting untuk menjaga iklim demokrasi. "Pemerintahan yang sehat memang selalu dibutuhkan oposisi yang kritis tetapi konstruktif ya. Jadi oposisi itu penting untuk menjaga iklim demokrasi yang sehat tetap terjaga," kata Yenny di Hotel Pullman, Jalam MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019).

Dia kemudian menyinggung soal oposisi yang ada di sejumlah negara. Yenny mengatakan oposisi tersebut justru menghambat jalannya pemerintahan. "Tetapi juga jangan sampai oposisi yang ada itu modelnya seperti di beberapa negara. Intinya, mau menghambat saja. Nah, jadi oposisi penting, tetapi bahwa sebisa mungkin lebih banyak lagi basis dukungan kepada pemerintah di DPR itu akan lebih memudahkan dalam pemerintah untuk membuat kebijakan-kebijakan," ujarnya. Sebelumnya, politikus PKS Mardani Ali Sera mengajak semua partai pendukung Prabowo-Sandiaga pada Pilpres 2019 tidak masuk ke koalisi yang mendukung pemerintah Jokowi-Ma'ruf. Tujuannya, kata Mardani, agar ada pihak yang mengawasi ataupun mengkritik kebijakan Jokowi di periode berikutnya.
Mardani menuturkan menjadi oposisi bukan berarti membenci pemerintah atau Jokowi. Tapi bisa jadi pendorong pemerintah jika bekerja lambat. "Dia ingin menjadi antitesa (penentang) dari pemerintahan Pak Jokowi, bukan benci, tapi menjadi antitesa. Artinya gini... kalau Pak Jokowi punya kebijakan quote-unquote katakan liberal, maka kita harus kembalikan ke tengah. Kalau Pak Jokowi punya kebijakan yang lambat kita mau mempercepat, nah yang untung adalah rakyat dan publik itu sendiri," kata Mardani di gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (1/7). (abw/zak)

loading...
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact
loading...